MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMKN KEBUMEN 1 TAHUN AJARAN 2024/2025 BERJALAN LANCAR

Kebumen – SMKN 1 Kebumen menyelenggarakan Masa Pengenalanan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 dengan tema “Tingkatkan Kompetensi, Kembangkan Inovasi, Wujudkan Generasi Berprestasi“. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin (22/7) sampai dengan Rabu (24/7). MPLS ini diikuti oleh seluruh peserta didik baru kelas X yang tercatat sebanyak 502, di antaranya 26 putra dan 476 putri. Peserta sebanyak itu terbagi dalam 14 kelompok MPLS dengan nama kelompok menggunakan nama-nama gunung yang ada di Indonesia.

Tujuan diadakan kegiatan MPLS adalah untuk mengenalkan pada peserta didik tentang lingkungan sekolah, kegiatan sekolah, tata tertib sekolah, mengenalkan para guru dan staff tata usaha di SMKN 1 Kebumen, peran Wakil Kepala Sekolah (WKS), pengenalan ekstrakurikuler serta organisasi di sekolah.

“Kegiatan MPLS diadakan supaya peserta didik kelas X mengenal lingkungan SMKN 1 Kebumen serta mempersiapkan peserta didik belajar di SMKN 1 Kebumen. Kamis pastikan tidak ada perpeloncoan di dalam MPLS. Kegiatan MPLS di SMKN 1 Kebumen menyenangkan dan semakin membuat peserta didik nyaman dan aman di sekolah,” ungkap Wakil Kepala bagian Kesiswaan, Pak Imam Sujarwo, S.Pd.

Kegiatan MPLS hari pertama dimulai dengan upacara pembukaan dan penyematan selempang pada perwakilan peserta oleh Kepala SMKN 1 Kebumen, Drs. Haryoko, M.M. Setelah itu, perkenalan satu persatu para guru dan staff tata usaha SMKN 1 Kebumen. Ada yang berbeda saat perkenalan para guru dan staff tata usaha, para guru berjalan bak model dengan gaya sesuai kelompok mapel masing-masing. Kegiatan selanjutnya, peserta didik disajikan materi tentang kepemimpian oleh kepala SMKN 1 Kebumen, materi tata tertib oleh Wakil Kepala Kesiswaan, serta penampilan-penampilan dari OSIS dan ekstrakuriler SMKN 1 Kebumen.

Kegiatan hari kedua dan ketiga MPLS SMKN 1 Kebumen selalu dimulai dengan apel pagi, dilanjutkan dengan pengenalan program keahlian, materi pandai bermedia sosial oleh Wakil Kepala bagian Kehumasan. Selain itu, peserta juga dikenalkan kegiatan ekstrakurikuler lewat penampilan khas dari ekstrakurikuler Basara dan olahraga.
Sementara di hari terakhir MPLS yakni pada Rabu (23/7) peserta didik diajak jalan sehat di luar lingkungan SMKN 1 Kebumen. Hal ini bertujuan menyehatkan badan sekaligus mengenal lingkungan di luar SMKN 1 Kebumen. Siang harinya, peserta didik disajikan penampilan panggung musik.

Salah satu panitia kegiatan MPLS berharap peserta didik baru kelas X lebih mengenal tentang SMKN 1 Kebumen dan dapat lebih nyaman saat menuntut ilmu.
“Saya berharap agar adik-adik kelas X dapat lebih mengenal tentang SMKN 1 Kebumen, dapat mengadopsi hal baik dari guru-guru dan kakak kelas yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa lebih nyaman dan menikmati saat menuntut ilmu di SMKN1 Kebumen,” ungkap salah satu panitia kegiatan MPLS, Udhah Rufaedah.

Selain itu, Bapak Imam Sujarwo, S.Pd. juga memberikan harapan, “Kami berharap peserta didik baru semakin termotivasi untuk belajar dan meraih prestasi, menjadi anak yang tangguh agar kelak dapat menjadi alumni yang sukses,” tandasnya. (Jurnalis Smenza , Foto : aBint)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *