Peringati Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah, SMKN 1 Kebumen Gelar Upacara

Kebumen – SMKN 1 Kebumen pada Senin, (19/8/2024) menggelar upacara untuk peringati Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah yang ke-79. Kegiatan upacara diikuti oleh seluruh guru, karyawan serta peserta didik SMKN 1 Kebumen. Selaku Pembina adalah Wakil Kepala SMKN 1 Kebumen, Khaerul Hidayat, S.E., M.M. membacakan sambutan dari Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Drs. Nana Sudjana, M.M.

Dalam sambutannya, belia menyampaikan bahwa memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Tengah sebagai pengingat dengan sejarah dimulainya sebuah pemerintahan yang penuh dengan harapan untuk mewujudkan keselamatan, kesuksesan, kesejahteraan bagi seluruh warganya. Maka dari itu, peringatan Hari Jadi ini menjadi satu identitas dan kebanggaan yang memiliki nilai filosofis, historis, dan geografis sebagai pembeda dengan daerah lain.

Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 ini mengusung tema “Maju Gemilang” yang berarti integrasi antara kekayaan budaya dan nilainilai luhur dalam desain modern yang dinamis. Harapannya, kedepan kita dapat bersama-sama menciptakan keseimbangan antara mempertahankan warisan budaya dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, yang penting bagi kemajuan berkelanjutan di Jawa Tengah.

Di samping itu, dalam upacara disampaikan sejarah provinsi Jawa Tengah. Dari semula 15 Agustus, mundur 19 Agustus. Perubahan ini menyesuaikan UU Nomor 11 Tahun 2023, disinggung Hari Jadi Jateng ditetapkan pada 19 Agustus 1945, yang merupakan tanggal berdirinya Provinsi Jateng berdasarkan pada ketetapan Panitia Persiapan Kemerdekaan RI, yaitu membagi provinsi dengan delapan provinsi, salah satunya Jateng. Dengan gubernur pertama adalah Raden Panji Soeroso maka mulai tanggal 19 Agustus ini menjadi sejarah berdirinya Jateng. Peringatan itu menjadi identitas sekaligus kebanggaan yang memiliki nilai filosofis dan historis sebagai pembeda dengan daerah lain. (Jurnalis Smenza.red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *