KEMERIAHAN GELAR KARYA PEMBELAJARAN DAN SENI BUDAYA

SMK NEGERI 1 KEBUMEN

KEBUMEN – SMK Negeri 1 Kebumen sukses mengadakan Gelar Karya dan Pagelaran Seni Budaya dengan mengusung tema “Keberagaman dalam Berkebhinekaan Wujudkan Cita Indonesia Global”. Kegiatan yang semarak ini berlangsung selama tiga hari yakni tanggal (29-31/6) di Indoor Utama. Acara tersebut disaksikan oleh semua warga sekolah dan masyarakat umum.

“Acara gelar karya pembelajaran dan seni budaya tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini lebih meriah terlebih ada tambahan acara dari ekstra teater yakni rumah hantu. Acara dari ekstra teater tersebut mengundang banyak masyarakat umum untuk melihat,” papar Fadli Rahman, S.Pd. saat proses memandu tim.

Dalam Gelar Karya dan Pagelaran Seni Budaya selain menampilkan kemampuan siswa kelas X dalam drama, tari maupun karawitan, acara ini juga diselingi dengan penampilan dari seni jalanan, Band MIN 1 Kebumen, dan Festival Film Cemara dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Bazar makanan dari peserta didik jurusan Pemasaran juga ikut serta untuk meramaikan Gelar Karya dan Seni Budaya ini. Hasil Karya siswa berupa fotografi dari jurusan DKV yang menakjubkan juga dipajang di bagian Bazar Pameran.

“Banyak karya pembelajaran yang ditampilkan dalam acara ini. Ada stand makanan dari jurusan Akuntansi, peserta didik belajar membuat laporan keuangan. Pemasaran juga membuka bazar makanan, jurusan MPLB menjadi event organizer gelar karya pembelajaran seni budaya peserta didik kelas X, sedangkan jurusan Pemograman Perangkat Lunak dan Games (PPLG) memamerkan karya games edukasi dan games metaverse,” ungkap Bu Muryati, Wakil Kepala bagian Kurikulum.

Berbagai penampilan yang dapat disaksikan oleh pengunjung selama tiga hari dengan ragam judul menarik yang dibawakan oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Kebumen. Penampilan mereka berupa cerita rakyat dari berbagai daerah seperti legenda daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Papua, dan sebagainya.

“Beberapa kelas menampilkan drama dengan ciri khas dari daerah tersebut dan kekentalannya akan adat istiadat yang ada. Tak jarang, ada juga yang digabung dengan ragamnya lagu trend zaman sekarang. Berbagai kreativitas siswa tertuang dalam pagelaran seni kali ini. Beberapa komentar dan saran dari juri menambah ketegangan sekaligus kemeriahan acara pagelaran tahun ini,” ungkap Fadli Rahman, S.Pd., guru Seni Budaya SMKN 1 Kebumen.

Selain itu, ada juga penampilan band dari luar sekolah, diantaranya Band MIN 1 Kebumen, Band dari SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, dan penampilan Band dari SMK Negeri 2 Kebumen. Dalam semaraknya Gelar Karya dan Seni Budaya ini, tak lepas dari antusias dan  turut serta pihak-pihak yang mendukung kegiatan ini, mulai dari pihak internal maupun eksternal.

Acara pagelaran seni yang sudah terlaksana, ditutup dengan pengumuman kejuaraan, mulai dari kejuaraan Festival Film Cemara hingga pengumuman pemenang penyaji terbaik dalam rangkaian acara Gelar Karya dan Seni Budaya. “Terlihat antusias siswa-siswi SMK Negeri 1 Kebumen dalam mendengarkan pengumuman pemenang, bercampur rasa panik dan harus menghiasi acara puncak pagelaran ini. Pemenang penyaji terbaik satu pagelaran seni tahun ini diraih dengan tema Bali, seperti halnya tahun kemarin.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *