SMKN 1 Kebumen Adakan Penerimaan Tamu Ambalan 2024/2025

Kebumen – SMKN 1 Kebumen mengadakan Penerimaan Tamu Ambalan 2024/2025 yang bertempat di SMKN 1 Kebumen, sejak Jumat (9/8) hingga Sabtu (10/8). Penerimaan Tamu Ambalan ini merupakan bagian dari kegiatan Pramuka, yang selain dalam rangka Penerimaan Tamu Ambalan juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kemandirian siswa SMKN 1 Kebumen. Para siswa belajar kerja sama dan kepedulian melalui kegiatan yang diadakan selama 2 hari 1 malam, yang meliputi disiplin, tanggung jawab, keberanian, dan rasa persaudaraan.

Selain itu, sebagian pelajar kelas X yang berjumlah 241 orang juga akan dikukuhkan. Penerimaan Tamu Ambalan ini diharapkan dapat menumbuhkan beberapa karakter pada peserta didik, seperti karakter keberanian. Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan ini merupakan kegiatan tahunan Ambalan Ksatria yang tahun ini diikuti oleh sebagian pelajar kelas X serta Dewan Ambalan sebagai panitia (kelas XI).

Pada Jumat (9/8), para peserta memasuki SMKN 1 Kebumen dan mengikuti berbagai kegiatan seperti registrasi, upacara pembukaan, dan wide game. Pada Jumat siang, pelaksanaan upacara pembukaan dihadiri oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina pramuka, pembina PMR, pembina PKS, dan pembina OSIS. Kepala SMKN 1 Kebumen, Drs. Haryoko, M.M., bertindak sebagai Kamabigus. Dalam sambutannya, Kamabigus SMKN 1 Kebumen, Drs. Haryoko, M.M., menyampaikan, “Saya berharap adik-adik Pramuka dapat mematuhi arahan dari kakak-kakak dewan. Kakak-kakak dewan juga diharapkan dapat menjadi teladan yang baik. Mereka harus membimbing adik-adik dengan penuh kasih sayang dan kelembutan, serta tidak menggunakan kekerasan dalam bentuk apa pun.”

Pada Jumat sore (9/8), para peserta Penerimaan Tamu Ambalan mengikuti wide game di lima pos yang sudah disiapkan oleh dewan di area luar SMKN 1 Kebumen. Tidak hanya wide game yang dilakukan pada Jumat sore ini, tetapi ada juga fun game yang terdiri dari lomba estafet bola. Lomba ini bertujuan untuk membuat peserta Penerimaan Tamu Ambalan agar lebih mengenal satu sama lain dan mempererat kerja sama antarkelompok dari masing-masing peserta.

Pada Jumat malam (9/8), setelah salat Magrib, para peserta Penerimaan Tamu Ambalan mendengarkan kultum yang diisi oleh Bapak Fitri Mas’adi, S.Kom.I., sembari menunggu waktu Isya. Setelah salat Isya, dilaksanakan api unggun secara khidmat dan sakral. Api unggun melambangkan kekuatan dan cahaya serta menjadi tanda persatuan dan kekompakan di antara peserta Penerimaan Tamu Ambalan.

Pada Sabtu pagi (10/8), para peserta Penerimaan Tamu Ambalan melakukan kegiatan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama, dan diakhiri dengan pembagian doorprize untuk sangga terkreatif, sangga terbaik, dan ambalan terbaik.

Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan ditutup dengan upacara penutupan. Setiap acara dilaksanakan dengan tertib dan disiplin, mengutamakan kebersamaan dan kerja sama demi terciptanya kekompakan dalam kepramukaan (Salwa Anindiya Tabina.red/humas pramuka)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *