Tes Bakat dan Minat SMK Jurusan Pemasaran

Pada Kamis sampai Jumat (3-4/8) di Laboratorium Pemasaran SMKN 1 Kebumen, Program Keahlian Pemasaran mengadakan tes bakat minat bagi siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran dengan tujuan untuk mengetahui dan menggali minat dan bakat siswa agar dapat menemukan cara untuk mengembangkan kekuatan yang dimilikinya secara optimal.

Dengan tes bakat dan minat, siswa dapat lebih mengetahui potensinya baik kelebihan maupun kekurangan dalam diri, dari segi akademis maupun kepribadian. Melalui tes kepribadian siswa juga dapat lebih terarah untuk mengetahui minat yang sesuai dengan bakatnya yang akan memberikan motivasi belajar bagi siswa sehingga siswa dapat melakukan pemetaan lebih jauh mengenai minat yang diinginkannya dan bakat yang dimilikinya.

Inteligensi sebagai kemampuan untuk belajar (Freeman, 1971,Flynn, dalam Azwar 1996) menyebutkan bahwa semakin tinggi inteligensi seseorang semakin mudah untuk dilatih dan belajar dari pengalaman. Para ahli sepakat dalam memandang inteligensi sebagai kemampuan umum seseorang (general factor-g factor). Dalam pandangan ini hasil tes inteligensi menunjukkan secara umum kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri, belajar atau berfikir abstrak dan tidak dapat menunjukkan bidang khusus atau kemampuan khusus apa yang cenderung dikuasai seperti yang diungkap tes bakat.

Pada tes bakat siswa akan diuji inteligensi yang dimiliki untuk memberikan gambaran umum tentang kapasitas kemampuan kognitif siswa.

Prodi Pemasaran di SMKN 1 Kebumen membuka pada tahun ini 2 konsentrasi keahlian yaitu: Konsentrasi Keahlian Bisnis Digital dan Konsentrasi Keahlian Bisnis Ritel.

Bisnis Digital termasuk salah satu konsentrasi pada program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Kebumen. Bisnis digital merupakan segala jenis usaha dimana penjualan produk atau jasanya dilakukan secara daring atau online, baik itu melalui situs website ataupun aplikasi. Konsentrasi Bisnis Digital pada program keahlian pemasaran memuat kompetensi-kompetensi yang digunakan untuk berkarir di dunia industri saat ini, baik bekerja pada pihak lain, berwirausaha secara mandiri, maupun sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.

Bisnis Ritel yang juga merupakan salah satu konsentrasi pada program keahlian pemasaran memiliki peranan menghubungkan antara pihak distributor/grosir dengan konsumen. Memberikan informasi kepada principal mengenai preferensi konsumen, permintaan pasar, produk kompetitor, hingga market trend. Membantu mempromosikan produk kepada konsumen. Mempermudah akses konsumen terhadap produk.

melalui test bakat dan minat ini diharapkan siswa akan lebih percaya diri dalam mengikuti pembelajaran baik di Konsentrasi Keahlian Bisnis digital maupun di Konsentrasi Keahlian Bisnis ritel.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *