Berbeda, SMKN 1 Kebumen Gelar Leadership Projects dengan Mendatangkan Tentara dari Koramil Kebumen

SMK Negeri 1 Kebumen kembali gelar kegiatan Leadership Projects atau Smenza Leadership Project (SLP) yang menggandeng beberapa organisasi/ ekstrakurikuler/ komunitas pada Jumat, (13/10) sampai Minggu, (15/10). Kegiatan yang terselenggara di lingkungan SMK N 1 Kebumen,  mengambil tema “Push Your Shoulders, Create Your Caracter, To be a Good Leaders”.

“Ada yang berbeda untuk LDK tahun ini, ya LDK kali ini mengundang Pak Tentara dari Koramil Kebumen untuk melatih kedisiplinan serta pelatihan Peraturan Baris Berbaris dasar. Hal ini membuat peserta didik lebih tertantang dan tentunya semangat,” ungkap Ketua Panitia LDK, Kurnia Widi Asih.

Kurnia juga menambahkan bahwa Leadership Project ini diharapkan dapat memotivasi orang lain atau anggotanya melakukan hal baik dan memaksimalkan kemampuan dalam diri.

SLP yang dihadiri oleh 312 peserta diawali dengan Upacara pembukaan sekaligus pemukulan gong oleh Bapak Drs. Haryoko, M.M..

Kepala SMKN 1 Kebumen, Bapak Drs. Haryoko, M.M. juga mengisi materi tentang kepemimpinan. Dalam penjelasannya, beliau memaparkan mengenai seorang pemimpin, dimulai dari sikapnya, tingkah lakunya, dan bagaimana caranya menghadapi sebuah permasalahan yang ada.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi salah satunya Keadministrasian oleh Kasubag Tata Usaha SMK N 1 Kebumen, Bapak Budi Riyadi, S.E.. Dalam presentasinya, beliau menjelaskan mengenai pentingnya memperhatikan SOP dalam melakukan kegiatan administrasi, khususnya bagi para pengurus organisasi/ekstrakurikuler/komunitas di SMK N 1 Kebumen. Bapak Budi Riyadi, SE. juga menceritakan pengalamannya di bidang keadministrasian.

Dilanjutkan dengan materi yang berikutnya yaitu Personal Branding yang disampaikan oleh Kak Silvi dan Kak Anisa dari Produk Emina. Personal Branding merupakan persepsi seseorang yang kita bentuk terhadap diri kita dan apa yang bisa kita tawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan.

“Bangun Personal Branding dengan Bagaimana kita melihat diri sendiri? Bagaimana orang lain melihat kita?”ujar kak Silvi. Dalam presentasinya juga menyebutkan 4 langkah atau Personal Branding Pyramid yang dimulai dari menentukan kekuatan diri, menentukan apa yang dilakukan, memposisikan diri, dan mengelola brand/nama.

“Kak Silvi dan Kak Anisa sangat cheerful dan interaktif dengan para peserta sehingga walaupun cuaca semakin panas tidak mengurangi rasa semangat sedikitpun,” ungkap Nanda, salah satu peserta SLP.

Kegiatan SLP pada Sabtu (14/10) yakni kedisiplinan dari Koramil. Selanjutnya, para peserta Smenza Leadership project mencermati materi dari Pak Teguh Hantiarsa, Bapak Novi Kurniawan, dan ibu Elvi. Materi dari para pembicara tersebut yakni menyampaikan bagaimana cara mengelola administrasi keuangan yang benar dalam suatu organisasi, materi seputar administrasi.

Pada hari ketiga tepatnya Minggu, (15/10) SLP ditutup dengan menerbangkan balon dan menempelkan sebuah harapan-harapan para peserta SLP. “Saya sangat mengapresiasi untuk para peserta SLP 2023 yang sudah mengikuti kegiatan sampai dengan selesai. Semoga apa yang disampaikan selama kegiatan SLP berlangsung dapat diterapkan oleh para peseta SLP,” terang Bapak Mustakim, M.Pd. saat menutup acara. (Nanda/Eva.ed)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *