PEDULI SAMPAH DAN PENGELOLAANNYA LEWAT KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Kebumen – SMK N 1 Kebumen kembali melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di tahun pelajaran 2023/2024.  Kegiatan P5 yang berlangsung selama 5 hari dari Senin, (30/10) sampai Jumat, (03/11) untuk kelas X mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan, sedangkan subtema yakni Peduli Sampah, Peduli Masa Depan.

Tema P5 Gaya Hidup Berkelanjutan merupakan gambaran gaya hidup mengurangi penggunaan sumber daya alam bumi, baik individu maupun sosial. Dalam sosialisasi di hari kedua mengenai pengelolaan sampah 3R dari Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan oleh Bapak Sri Hermanu Sasongko, S.T. beliau menyampaikan bahwasanya kegiatan pencegahan dan pembatasan sampah menempati hierarki yang paling tinggi, dan kegiatan pemrosesan akhir di TPA menempati hierarki yang paling rendah mengingat dampaknya terhadap lingkungan hidup dan kesehatan manusia.

Pada hari keempat pelaksanaan P5, para peserta didik membuat rancangan pengelolaan sampah yang meliputi sampah organik dan anorganik. Mereka mempresentasikan hasil diskusinya bersama teman kelompoknya yang meliputi prinsip dasar pengelolaan sampah yaitu pencegahan, pembatasan, penggunaan ulang, dan pendaur ulang. Tidak lupa juga peserta didik juga menjelaskan mengenai pengelolaan sampah dengan 3R yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle. Selain itu, ada pula yang menjelaskan tentang siklus pengelolaan sampah yang dimulai dari pengelompokan, perencanaan, pemilahan, reuse dan recycle, sampai keuntungan yang didapatkan.

“Dengan mengolah sampah dengan baik, sampah jadi tidak mencemari lingkungan, dapat dimanfaatkan dan hasil recycle bisa menghasilkan nilai jual,” ungkap Shelly salah satu siswi kelas X SMKN 1 Kebumen dalam presentasinya. Setelah membuat rancangan pengelolaan sampah organik dan anorganik, para siswa membuat business plan. Dalam setiap kelompok, ada yang membuat lewat poster digital, dan ada pula yang membuat makalah. Setelah selesai membuat business plan, para siswa mengirim hasil pekerjaan di google drive yang sudah disediakan oleh para bapak ibu guru fasilitator.

“Kegiatan P5 kali ini diisi dengan aksi nyata para peserta didik SMK N 1 Kebumen mengenai pengelolaan sampah. Dimulai dari para siswa yang membawa sampah anorganik dari rumah untuk dipilah dan dipilih lalu dijual di Bank Sampah. Selain untuk mengurangi pencemaran lingkungan karena adanya sampah anorganik yang tidak dapat terurai, kegiatan ini bisa menambah keuntungan bagi setiap kelas yang banyak mengumpulkan sampah anorganik,” ungkap Ibu Fadilatun, S.Pd., M.Pd., koordinator P5 Gaya Hidup Berkelanjutan.

Beliau juga menambahkan bahwa setiap kelas berbondong-bondong menyetorkan sampah mereka ke Bank Sampah SMENZA untuk ditimbang. Di akhir kegiatan, para siswa melaksanakan Bhakti Kampus, dimana setiap kelas telah diberikan jadwal untuk pembagian area yang akan dibersihkan. Dengan semangat dan niat yang baik untuk membersihkan area sekolah, para siswa bersama teman sekelasnya bekerja sama membersihkan area yang telah ditentukan. (Angger, Olivia.red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *