SMKN 1 KEBUMEN ADAKAN BAKSOS DAN MABIT

SMKN 1 Kebumen melaksanakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa pada Sabtu (23/3) sampai dengan (24/3). Kegiatan ini dilaksanakan di area SMK N 1 Kebumen dengan jumlah audience dari perwakilan kelas X (28 perwakilan), perwakilan dewan ekstrakulikuler sejumlah 22 perwakilan.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dari OSIS dan ROHIS SMK N 1 Kebumen tidak hanya menyelenggarakan kegiatan yang diperuntukkan untuk siswa-siswi namun adapun kegiatan yang diselenggarakan untuk para adik-adik di Panti Asuhan Putra Mandiri Pejagoan Kebumen. Acara ini bertujuan untuk memberikan manfaat dan kebahagiaan lewat berbagi kepada adik-adik di panti asuhan serta menjadikan momentum bulan Ramadhan untuk melukis senyuman keceriaan untuk mereka. “Para adik-adik panti sangat antusias dalam menyambut kedatangan kami di kegiatan ini, bahkan sebelum kami datang dari mereka sudah bersiap dan semangat untuk mengikuti kegiatan Bakti Kami Untuk Nusantara (BAKUNTARA).” ujar salah satu Panitia

Malam Bina Iman dan Taqwa atau yang biasa disebut dengan MABIT ini memang sudah menjadi kegiatan rutin pada bulan ramadhan yang diadakan oleh SMK N 1 Kebumen. Diharapkannya dengan diadakannya kegiatan MABIT bisa membantu siswa/siswi SMK N 1 Kebumen untuk meningkatkan kualitas diri sehingga bisa menjadi siswa yang berkarakter religius berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Kegiatan MABIT ini diawali dengan sambutan Waka Kesiswaan “ramadhan ini sarana kita untuk terus meningkatkan rasa syukur kita atas apa yang telah kita miliki, salah satunya yaitu nikmat sehat wal afiat” ujar pak mustakim dalam sambutannya, dilanjutkan kegiatan nonton bareng di Tribun SMK N 1 Kebumen sembari menunggu bedug maghrib berbunyi. Tidak hanya nobar saja, dari perwakilan peserta juga dimintai untuk menyimpulkan series yang telah mereka saksikan. Setelah usai menyaksikan series para peserta MABIT melakukan sholat ashar berjamaah di Masjid Manarul ‘Ilmi.

Para peserta MABIT kembali ke tribun untuk pembagian doorprize bagi peserta yang berani maju untuk menjawab pertanyaan dari moderator. Kemudian yang ditunggu-tunggu yaitu adzan maghrib berkumandang yang menandakan berbuka puasa telah tiba. Berbuka puasa bersama dilakukan di Tribun SMK N 1 Kebumen, dilanjutkan sholat isya berjamaah dan sholat tarawih bersamaa diimami oleh Pak Mudzakir serta tadarus Al-Qur’an yang dibagi menjadi 30 kelompok yang terdiri dari peserta dan panitia MABIT.

Kegiatan MABIT pada Minggu (24/3) yaitu diawali dengan para peserta menuju Masjid Manarul ‘Ilmi untuk melaksanakan Mujahadah dipimpin oleh Ibu Dian Purwaningsih. Setelah kegiatan Mujahadah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sahur bersama di Masjid Manarul ‘Ilmi.

Waktu subuh telah tiba para peserta melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid dengan diimami oleh Rohim Arbangin, dilanjutkan dengan membaca Surah Yasin dan Tahlil bersama dipimpin oleh Riziq Lili Ulil Albab. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai media untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT agar semakin terkendali perilaku siswa SMK N 1 Kebumen.

Tidak hanya kegiatan yang bernuansa keagamaan tetapi ada juga games yang dibagi menjadi 4 pos, yaitu terdiri dari Tebak Nabi, Menjodohkan Malaikat dan Tugasnya, Pengetahuan Umum, serta pos terakhir yaitu Estafet Air. Para peserta sangat bersemangat dan antusias dalam bermain games walau terik matahari mulai menaik. Adapun pemberian hadiah dengan kategori tim paling antusias, tim paling kompak, serta tim paling terbaik.

Pada akhir kegiatan para peserta tidak langsung pulang tetapi ada sesi tukar kado antar peserta dan antar panitia dengan tujuan mempererat tali silaturahmi. “Kegiatan MABIT ini sangat bermanfaat bagi para peserta, karena rangkaian kegiatannya yang sangat positif.” ujar Zahra salah satu peserta MABIT.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *