TEKAN KECELAKAAN, POLISI EDUKASIKAN SAFETY RIDING DI SMKN 1 KEBUMEN

KEBUMEN – SMKN 1 Kebumen pada Senin (26/2) kedatangan tamu dari Satlantas Polres Kebumen. Para rombongan polisi dari Satlantas Polres Kebumen mengedukasi safety riding. Safety riding merupakan suatu bentuk perilaku berkendara yang aman dan nyaman. Kegiatan sosialisasi atau edukasi safety riding ini dipaparkan langsung oleh perwakilan Satlantas Polres Kebumen. Sosialisasi terselenggara sewaktu apel pagi di Indoor Utama SMKN 1 Kebumen.

Edukasi ini tentunya bukan tanpa sebab, ada hal yang menyebabkan hal ini amat perlu disampaikan kepada pelajar yang kesadaran tertib berlalu lintas masih rendah. Selain itu, tujuan dari edukasi safety riding karena keprihatikan pada intesitas kejadian kecelakaan lalu lintas yang terlampau sering. Hal ini disampaikan oleh Aiptu Sasongko, Kanit Kamsel Satlantas Polres Kebumen bahwa angka kecelakaan lalu lintas di Kebumen dalam satu bulan ini meningkat. “Bulan ini sudah hampir 8 orang yang meninggal akibat laka lantas. Korbannya berusia produktif. Oleh karena itu, tujuan utama kami adalah mengedukasi pelajar agar selalu berhati-hati dalam berkendara dengan tidak menonjolkan emosi,” ungkapnya.

Berdasarkan wawancara dengan Aiptu Sasongko di akhir sesi edukasi di Indoor SMKN 1 Kebumen mengatakan bahwa untuk menekan angka fatalitas kecelakaan, Satlantas Polres Kebumen menggelar safety riding di sekolah salah satunya di SMKN 1 Kebumen.

Sementara itu, edukasi safety riding dilaksanakan dengan cara bermain peran. Salah satu pelajar diminta untuk menjadi contoh dalam berkendara. Di samping itu, peserta didik SMKN 1 Kebumen diedukasi langkah-langkah berkendara dengan benar dan aman untuk diri sendiri serta pengendara lain. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar selama perjalanan pengendara tetap selamat, seperti melakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum berkendara serta teknik berkendara dengan benar. Jadi, tidak hanya sekedar membawa kelengkapan surat-surat berkendara dan perlengkapan keselamatan kendaraan.

Safety riding yang benar dalam pelaksanaan kita harus siap diri, siap kendaraan, dan siap mematuhi rambu lalu lintas,” jelas Aiptu Sasongko dalam penyampaiannya kepada pelajar SMKN 1 Kebumen.

Salah satu siswa SMKN 1 Kebumen, Hirdita, XI DKV 2 mengaku senang akan kegiatan ini. Apalagi pemberi materi langsung dari Satlantas Polres Kebumen.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelajar seperti kami, Pak Polisi yang mengisi sangat menyenangkan. Sosialiasinya juga diberi contoh berkendara yang aman dan nyaman sehingga kami mudah memahaminya,” kata Hirdita, siswi kelas XI DKV 2.

Di akhir sesi, sebelum Aiptu Sasongko bersama rombongan berpamitan, Satlantas Polres Kebumen memberi pesan kepada pelajar yakni pelajar diminta untuk memperhatikan rambu lalu lintas, tidak mengebut di jalan raya. “Perhatikan waktu dan jarak dari rumah ke sekolah agar ketika berangkat sekolag tidak terburu-buru,” tambah Aiptu Sasongko. (Kontributor : Eva K dan Najwa)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *