Peserta didik Kelas XII SMKN 1 Kebumen Belajar Membuat CV Kekinian dalam P5 Tema Kebekerjaan

Kebumen – Selama sepekan kelas X, XI mengikuti kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebekerjaan, tidak ketinggalan kelas XII juga ikut serta dalam proses pembelajaran P5. P5 di kelas XII dilaksankan selama tiga hari yakni sejak Senin, (29/1) sampai dengan Rabu, (31/1). Kelas XII tahun ajaran 2023/2024 adalah generasi pertama yang mengikuti pembelajaran P5. Tema wajib P5 Kebekerjaan untuk peserta didik kelas XII merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan P5 tema Kebekerjaan yang telah mereka ikuti saat kelas X dan XI.

P5 kelas XII dengan topik CV-ku Kekinian berdasarkan pemaparan Tim Penyusun Modul P5 kelas XII, Ibu Darsinah, S.Pd., Ibu Lilis, Ibu Khoirunnisa menyebutkan bahwa Projek bertujuan untuk menerapkan literasi digital dalam menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar mampu membuat CV (Curriculum Vitae) dalam bentuk video. Dengan adanya kegiatan P5 topik CV-ku Kekinian, peserta didik diharapkan mampu mengenali potensi diri dan mampu mengembangkan konsep diri sebagai bentuk Personal Branding agar siap memasuki dunia kerja. Untuk itu dengan pembuatan CV dalam bentuk video ini peserta didik perlu disiapkan dapat berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan gagasan orisinil dalam mengenali kualitas dan potensi dirinya masing-masing.

Selain membuat video CV, peserta didik juga dilatih untuk mempersiapkan dalam dunia kerja. Peserta didik dalam rangkaian kegiatn P5 mendapatkan pengetahuan langsung dari pihak DUDI dan BKK terkait wawancara kerja dan psikotest. Lewat kegiatan P5 ini peserta didik akhirnya secara profesional memiliki gambaran dan terbiasa bekerja secara mandiri maupun secara tim. Hal ini sesuai dengan cerminan profil pelajar pancasila yaitu berkembangnya dimensi bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis. (Eva K.red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *