SMKN 1 Kebumen Gelar Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun Ajaran 2023/2024

KEBUMEN – Pada Jumat sampai Sabtu (28-29/7) di lingkungan SMKN 1 Kebumen, peserta didik kelas X bersama anggota pramuka melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Kegiatan PTA yang bertemakan “Mengawali Tekad sebagai Ksatria, Berani Merakit Asa, Menciptakan Masa Depan yang Bersahaja” merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di Ambalan Ksatria Gugus Depan 39-40 Pangkalan SMKN 1 Kebumen.

Penerimaan Tamu Ambalan adalah kegiatan wajib bagi peserta didik baru untuk naik tingkat dari penggalang ke penegak. Di samping itu Penerimaan Tamu Ambalan merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang wajib diikuti oleh peserta didik anggota pramuka dari jenjang  penggalang SMP ke jenjang penegak SMK. Hal tersebut  memberikan pembekalan kepada anggota pramuka melalui  materi – materi yang dapat diterapkan di kepramukaan, sekolah dan  kehidupan bermasyarakat. Kegiatan ini sebagai wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X serta melatih kekompakan antar anggota pramuka itu sendiri. Perkemahan ini diikuti oleh peserta calon penegak berjumlah 494 orang.

Pembina Pramuka, Imam Sujarwo, S.Pd mengungkapkan bahwa acara PTA dimulai dengan upacara pembukaan, dilanjutkan wide game di lingkungan SMKN 1 Kebumen, kemudian malamnya dimeriahkan api unggun. Seusai rangkaian PTA, baru upacara pengukuhan untuk mengukuhkan peserta didik kelas X. “Tujuan dari kegiatan PTA yakni untuk menarik minat peserta didik pada ekstrakurikuler Pramuka dan untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Darma sekaligus Tri Satya Pramuka,” ungkap Pembina Pramuka, Imam Sujarwo, S.Pd.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *