SMKN 1 Kebumen Meriahkan HUT RI ke-78 dengan Upacara dan Teatrikal Kemerdekaan

Kebumen – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, SMKN 1 Kebumen menggelar serangkaian acara meriah. Acara tersebut diawali dengan upacara bendera di lapangan SMKN 1 Kebumen pada (17/8) yang dihadiri oleh civitas akademika SMKN 1 Kebumen.


Dalam upacara tersebut, Pembina Upacara adalah Kepala SMKN 1 Kebumen yakni Drs. Haryoko, M.M.. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) SMKN 1 Kebumen merupakan siswa dari ekstrakurikuler BASARA berhasil mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan angg​un, sambil ditemani oleh iringan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Paduan Suara dari kelompok ekstrakurikuler musik. Kesiapan Paskibra dan Paduan Suara ini adalah hasil dari latihan intensif selama kegiatan ekstrakurikuler.

“Alhamdulillah kegiatan upacara dalam rangka perayaan HUT RI ke-78 sangat khidmat, meski pagi sudah diguyur hujan, para peserta upacara tidak mengurungkan niatnya untuk berbaris tepat waktunya, bendera dikibarkan dengan gagahnya, kami ucapkan terima kasih kepada semua civitas akademika SMKN 1 Kebumen yang telah menyukseskan kegiatan upacara tahun ini,” ungkap Mustakim, M.Pd., Wakil Kepala bagian Kesiswaan.

Setelah upacara bendera, SMKN 1 Kebumen melanjutkan perayaan HUT RI ke-78 yakni aubade. Aubade berupa perpaduan musik dan teatrikal. Aubade ini merupakan hasil karya ekstrakurikuler tari, musik, dan teater. Acara ini dimeriahkan oleh Tarian Nusantara oleh ekstra teater, paduan suara oleh tim ekstra musik, dan teatrikal oleh tim teater Sinestesia. Teatrikal bercerita tentang proses Indonesia menuju merdeka diiiringi lagu-lagu kebangsaan. Tidak ketinggalan, para guru juga tampil bak para tokoh nasional seperti Soekarno, M. Hatta, Cut Nyak Dien, Fatmawati, SBY, Jokowi di akhir aubade “Aubade tahun ini sangat meriah, penuh kejutan, meskipun sempat diguyur hujan, para peserta didik yang menonton tetap semangat menyaksikan aksi teatrikal yang menarik. Teatrikal tersebut membuat kami menjadi tahu bagaimana proses Indonesia mengusir penjajah dan mendapatkan kemerdekaannya,” ungkap Aulia, siswa kelas XI DKV 2.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *