Peringati Maulid Nabi 1445H, Siswa SMKN 1 Kebumen Belajar Menjadi Dai

KEBUMEN – SMK N 1 Kebumen mengadakan puncak kegiatan Peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriah, pada Jumat (29/9) dengan tema “Memetik Keteladanan Nabi Tuk Generasi Masa Kini”.

Sebelum puncak peringatan Maulid Nabi acara  diramaikan dengan berbagai lomba untuk mencari kandidat dai muda berbakat. Seperti yang disampaikan Guru PAI, Bu Rafita Purnamasari, M.Pd. bahwa perlu ada regenerasi dai muda yang berbakat sebagai langkah ketika ada lomba di luar sekolah.

Sang juara dai muda tampil dalam puncak acara, yakni Zahra Syifaul Aghnia dan Putri Rahayu kelas XI PMS 1. Tema dari khitobah yang dibawakan yaitu “Rasullullah sebagai Suri Tauladan”. Sementara sang dai muda menyampaikan bahwa meneladani Nabi adalah ukhuwah kita, Nabi merupakan contoh dalam sikap kita, salah satunya ialah ta’dzim kepada bapak/ibu guru. Penyampaian khitobah semakin menarik karena diselingi dengan shalawat.

“Penampilan Khitobah dari juara 1 Dutaza disuguhkan dan dinikmati dengan sangat antusias oleh para warga SMKN 1 Kebumen,” ungkap Nanda , ketua panitia Peringatan Maulid Nabi.

Selain lomba dai muda acara juga dimeriahkan dengan lomba MTQ serta Kajian Maulid Nabi. Acara Kajian Maulid diawali dengan lantunan indah shalawat oleh Grup Hadroh Syfaul Qulub SMK N 1 Kebumen. Kemudian peserta diperdengarkan lantunan ayat suci Alquran oleh sang juara MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) yakni Alika Nur Khamidah kelas XI DKV 2.

“Kali ini ada yang baru dari peringatan Maulid Nabi tahun ini yaitu seluruh peserta kegiatan  membawa bongkohan buah dan saling tukar menukar dengan yang lain dengan cara memutar,” ungkap Nanda.

Dalam sambutan di Kajian Umum Maulid Nabi oleh Bapak Haryoko, M.M., beliau menyampaikan apresiasi kepada para pemenang lomba atas penampilan yang sangat luar biasa dan luwes.

Selanjutnya, peserta disuguhkan kajian yang disampaikan oleh KH. Fatachul Chusain,S.Ag.M.Pd.I dengan bertema “Mensyukuri Nikmat Allah SWT”.

“Mensyukuri apa yang sudah digariskan untuk kita. Nikmat sehat, ketenangan hati, kebahagiaan keluarga dan keleluasaan dalam beribadah,” papar KH.  Fatachul Chusain.

Di akhir penyampaiannya, beliau juga menyampaikan pesan bahwa jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. “Pesan yang terdapat dalam Kajian yang disampaikan bagus, mendapat ilmu baru, ada hal yang menarik yaitu saat rolling bongkohan buah.” ujar Annisa salah satu peserta kegiatan peringatan Maulid Nabi 1445H. (Nanda/Eva.ed)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *