Mengenal Budaya Kebumen lewat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Kebumen — SMKN 1 Kebumen untuk kesekian kalinya melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Senin, (30/10) sampai Jumat, (3/11). Kegiatan P5 yang bertemakan Kearifan Lokal diperuntukkan peserta didik kelas X bebarengan dan P5 kelas XI yang bertema Gaya Hidup Berkelanjutan.

Profil Pelajar Pancasila berdasarkan literatur merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam kegiatan P5, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan Pancasila, bahasa Indonesia, olahraga, seni, dan sosial. Di samping itu, mereka diajak untuk mengembangkan kreativitas, kerja sama, kekompakan, serta kemandirian. Untuk mendampingi para siswa-siswi.

Sama halnya dengan kegiatan P5 bertema Gaya Hidup Berkelanjutan, pelaksanaan kegiatan P5 peserta didik aktif berdiskusi dan memilih salah satu produk kearifan lokal Kebumen. Produk kearifan lokal di antaranya seni pahat atau ukir, makanan khas, kesenian, tradisi, artefak peninggalan sejarah, dan tempat wisata yang akan di kunjungi. “Produk kearifan lokal nanti dipilih oleh peserta didik untuk diobservasi lalu disusun laporan,” ungkap Koordinator P5 Tema Kearifan Lokal, Bu Neni Liana, S.Pd., M.Pd.

Pelaksanaan kegiatan P5 pada hari kedua (31/10) peserta didik melaksanakan observasi serta wawancara ke tempat-tempat yang sudah ditentukan oleh peserta didik kelas XI. Di hari kedua ini peserta didik dilatih untuk mampu berkomunikasi dengan pihak luar pada saat wawancara. Selain itu, peserta didik juga dilatih untuk mengamati secara langsung. “Tujuan dari pelaksanaan kegiatan P5 hari kedua ini adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya. Kegiatan wawancara merupakan sarana bagi siswa untuk melatih kemampuan komunikasinya,” tambah Bu Neni Liana, S.Pd., M.Pd.

Hari ketiga pelaksanaan kegiatan P5 (1/11) menyusun laporan pelaksanaan observasi pada hari kedua dan membuat power point guna dipresentasikan pada hari berikutnya. Untuk membuat laporan observasi harus benar-benar sesuai dengan data yang diperoleh pada saat observasi.

Pelaksanaan kegiatan P5 hari keempat (2/11) yaitu para peserta didik kelas XI SMKN 1 Kebumen mempresentasikan hasil laporan dari observasi dengan media power point. Menjelaskan secara detail terkait kearifan lokal Kebumen yang dikunjungi.

Pada hari kelima atau hari terakhir pelaksanaan P5 tepatnya pada (3/11) ialah berlatih kesenian Kebumen dan membawa makanan khas Kebumen yang merupakan salah satu kearifan lokal Kebumen. Kesenian yang dipelajari yaitu tari cepetan, tari jaranan, dan tari lawet. Siswa-siswi sangat bersemangat berlatih kesenian pada hari terakhir pelaksanaan P5.  “Kegiatan P5 kali ini luar biasa mampu memberikan bekal  banyak bagi siswa-siswi untuk mengembangkan kompetensi, kreatif, mandiri dan inovatif  untuk masa depan.”, ujar Indri salah satu siswi SMKN 1 Kebumen. (Nanda.red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *