Puncak P5 SMKN 1 Kebumen Tema Kebekerjaan Murid Kelas X Bertajuk River of Life

Kebumen – Sama halnya dengan kelas XI dan XII peserta didik kelas X juga turut serta dalah rangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan P5 untuk kelas X juga sama dilaksanakan selama sepekan mulai Senin (29/1) sampai dengan Jumat (2/2). Beragam kegiatan menyenangkan untuk menumbuhkan sikap mandiri, kreatif, inovatif dan bernalar kritis untuk peserta didik kelas X. P5 kelas X dengan tema sama, tetapi topi yang diusung berbeda yakni “River of Life”. Menurut penyusun modul P5 kelas X, Ibu Asih Haryani dan Ibu Dian Purwaningsih menyebutkan dalam modulnya bahwa tujuan dari pembuatan river of life ini memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang cara membangun impiannya tentang masa depan kebekerjaan melalui gambar Sungai Kehidupan / River of Life yang telah dibuatnya dalam upaya membentuk karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Sebelum kegiatan puncak P5 yakni membuat river of life, SMKN 1 Kebumen menghadirkan guru tamu dari konselor talent mapping pada Selasa (30/1) yakni Ibu Ika Puspitasari, Management Consultant dari Temanggung. Peserta didik dibimbing secara intesif oleh pembicara tentang talent mapping. Berdasarkan pembicara, Bu Ika, Talent mapping merupakan sarana untuk mengidentifikasi potensi kekuatan individu dengan didasari pada penemuan bakat. Penggabungannya dengan skill dan pengetahuan banyak dibutuhkan dalam dunia kerja dan dapat mengidentifikasikan dari mana dan bagaimana profil bakat yang dibutuhkan. Program Talents Mapping mencakup pengukuran bakat dan pernyataan kekuatan diri (Personal Strength Statement / Minat).

Setelah mengikuti kegiatan talents mapping peserta didik dibimbing oleh para fasilitator masing-masing untuk mengutarakan impian mereka dan membuat River of Live yang dituangkan dalam bentuk gambar. Mereka memetakan proses yang sudah dilalui dalam hidup melalui gambar sungai kehidupan atau River of Life. Tidak hanya melukiskan kehidupan mereka, peserta didik juga dengan kreatif membuat video personal branding, mengindentifikasi profesi kerja sesuai jurusan, dan diakhiri dengan menjawab soal refleksi bersama. (Eva K.red.)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *