Bentuk Karakter Kepemimpinan, OSIS SMK N 1 Kebumen Adakan Leadership Projects

KEBUMEN – OSIS SMK Negeri 1 Kebumen kembali gelar kegiatan Leadership Projects yang menggandeng beberapa ekstrakurikuler, kegiatan dilaksanakan secara terbatas pada (30-31/10/2021) di lingkungan SMK N 1 Kebumen,  dengan tema “Lead Yourself Lead The World”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 160 peserta yang dibagi menjadi 2 sesi berjumlah 80 siswa setiap sesinya, terdiri dari Pengurus OSIS, Pengurusekstrakulikuler-Pramuka, PMR, PKS, BASARA, dan ROHIS.

Kegiatan diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Bapak Drs. Prayitno selaku Kepala SMK N 1 Kebumen. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya peranan seorang pemimpin,serta berpesan kepada seluruh peserta bahwa kunci utama untuk menjadi pemimpin yang sukses adalah niat/kemauan.

Leadership Project ini dilaksanakan guna menjadikan siswa sebagai pemimpin yang baik serta bertanggung jawab.“Kiranya kegiatan ini bisa dijadikan tonggak bagi siswa agar bisa memimpin diri sendiri dengan baik sehingga bisa memimpin dunia,” ucap Ketua Panitia Leadership Projects.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian beberapa materi yang sangat menarik diantaranya materi Leadership oleh Bapak S. Mustakim, M.Pd. Dalam presentasinya, ia menjelaskan tentang pengertian leadership serta cara menjadi pemimpin yang baik. Bapak Mustakim secara aktif berinteraksi dengan para peserta sehingga sesi presentasi menjadi hidup dan interaktif.

Bapak Mustakim juga menceritakan pengalamannya  pada masa bersekolah, ia aktif berorganisasi sehingga pengalamannya saat sekolah dan kuliah tersebut menjadikannya pemimpin seperti saat ini.

Dilanjutkan dengan motivasi oleh Kak Imam Wahyudi reporter dari Radar Kebumen.Kak Imam memotivasi peserta tentang berpikir positif dengan sangat semangat sehingga peserta LP ikut terbawa menjadi semangat dan ekspresif.

Kegiatan berlanjut dengan pemberian materi Jurnalistik oleh Bapak Hafied Abdul Aziz selaku jurnalis radar Kebumen.Ia memaparkan tentang betapa pentingnya jurnalistik serta cara menulis berita yang baik agar terhindar dari hoax. “Sebagai seorang jurnalis dalam menyusun sebuah berita harus memenuhi kaidah 5W+1H, What, Who, Where, When, Why, How, ditambah So What”tegasnya. Pada akhir presentasinya ia memberikan tugas pada peserta untuk membuat berita tentang kegiatan dan hasil terbaik akan dipublikasikan di koran. Materi terakhir yaitu Self Love yang disampaikan Ibu Muryati, S.Pd. Ia menyampaikan pentingnya selflove untuk kesehatan mental,

Sebelum kegiatan ditutup, diadakan pula sejumlah game yang melatih kekompakan tim serta strategi yang tentunya sangat berkesan bagi para peserta.

“Kegiatan LDK kali ini sangat berkesan karena ada materi baru seperti self love dan ditambah permainan yang kekinian sehingga pesertakhususnyasayasendirimerasaterhibur,” ujar salah seorang peserta Leadership Projects.

134 views

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *