SMK Negeri 1 Kebumen meraih Juara Harapan 2 Nasional, Sekolah Pencetak Wirausaha 2021

SMK BISA, SMK HEBAT

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat PSMK SEAMEO dan SEAMOLEC berupaya mengembangkan skill kewirausahan di kalangan siswa SMK melalui program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW). SMK Negeri 1 Kebumen  merupakan salah satu Sekolah yang mendapat kesempatan mengikuti program SPW di tahun 2021 tersebut. Dikutip dari laman Kemdikbud, Program SPW merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk memiliki keterampilan melaui praktik usaha.

Pada tahun 2021 ini, program SPW diikuti sebanyak 400an sekolah. Setiap sekolah peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 tim. 1 tim terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pendamping. Kegiatan SPW ini diawali sosialisasi tentang program SPW pada bulan Agustus dan berjalan 4 bulan sampai bulan November. Setiap sekolah peserta SPW wajib menyerahkan laporan penjualan tim nya pada setiap bulan dengan tepat waktu. Laporan penjualan itu meliputi identitas siswa, no rek, link sosial media, bukti transaksi dan total omzet. Pelaporan omzet pada tanggal 8 November 2021.

Program SPW ini lebih menekankan pada tingginya omzet namun juga tetap memperhatikan ke absahan dari bukti transaksi dari laporan penjualan. Best Practise dari Guru  dan Vlog dari siswa menjadi penilaian dari Program tersebut. Best Practise Guru memuat tentang Kegiatan SPW disekolah masing – masing. Sedangkan Vlog siswa berisikan tentang identitas siswa, usaha siswa, omzet juga bukti transaksi yang dimiliki.

SMK Negeri 1 Kebumen salah satu sekolah yang mendapat Undangan Workshop dan Pameran Hasil Karya dan Start up Bisnis Siswa  Tahun 2021 yang diadakan di BBPPMPV Bidang Bisnis dan Pariwisata Sawangan Depok. Sebelum berangkat ke pmeran diawali dengan Workshop Start Up Bisnis Siswa dan Workshop Perencanaan Pameran.

Workshop dan Pameran Hasil Karya dan Start Up Bisnis Siswa dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 29 – 30 November 2021 dan 1 Desember 2021. Workshop diikuti oleh Kepala Sekolah dan Kepala Dinas seluruh Indonesia dengan membahas kebijakan tentang SPW sampai pada penandatangan MOU tentang SPW, sedangkan pameran hasil karya siswa diikuti oleh 31 SMK se Indonesia menampilkan hasil karya siswa yang berhubungan dengan wirausaha yang dilakukan siswa dan dimeriahkan oleh orkestra dari  SMK Negeri 2 Kasihan Bantul ( Sekolah Musik )

Pameran dihadiri oleh para pejabat yang berwenang di SMK, Bapak Wikan Sakarinto ( Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud ) dan Bapak Wardani Sugiyanto, M.Pd ( Diektur SMK Kemdikbudristek RI ). Disela – sela pameran diumumkan tentang program SPW di tahun 2021 ini, dan SMK Negeri 1 Kebumen mendapatkan prestasi Juara Harapan 2. Sungguh prestasi yang luar biasa dari 400an tim. Workshop dan Pameran ditutup pada hari Rabu tanggal 1 Desember 2021 dengan mendapatkan berbagai macam keputusan antara lain pelaksanaan desiminasi masing – masing provinsi dan juga pembentukan Penanggung Jawab SPW dimasing – masing sekolah.

SPW benar – benar memberi bekal kepada siswa untuk menjadi pengusaha sejati yang memahami tentang bagaimana meningkatkan hasil penjualan, laba dan juga mengembankan usahanya. SPW mencetak enterprenuer sejati. Semoga program ini dapat konsisten disetiap tahun sehingga akan tumbuh enterprenuer – enterprenuer muda yang berbakat yang dapat menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa menunggu lowongan pekerjaan. SPW hebat, menguatkan perekonomian bangsa.

149 views

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *