Cegah Dampak Penyalahgunaan Narkoba, SMK N 1 Kebumen Gandeng Kesbangpol dan DUPAN Kebumen

KEBUMEN – SMK Negeri 1 Kebumen bersama Kesbangpol dan DUPAN Kebumen Gelar sosialisasi pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba di kalangan pelajar pada Senin (17/01/22) di Ruang Tribun SMK Negeri 1 Kebumen. Sosialisasi diisi narasumber yang merupakan DUPAN  (Duta Pelajar Anti Narkoba) Kebumen. Dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari civitas akademika dan para aktivis SMK N 1 Kebumen. Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan Duta Pelajar Anti Narkoba Kebumen yang menyasar sekolah sekolah di kabupaten Kebumen guna menguatkan pondasi siswa agar  terhindar dari penyalahgunaan Narkoba untuk menciptakan generasi millenial sehat menuju Indonesia emas.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kebumen Bapak Drs. Prayitno, dalan sambutannya beliau berpesan agar nantinya para peserta sosialisasi dapat menanamkan materi yang disampaikan didalam diri siswa serta menyebarkan kepada siswa yang lain. Kegiatan dilanjutkan  dengan penyampaian materi wawasan kebangsaan oleh narasumber. Wawasan kebangsaan penting bagi kita karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap Tanah Air yang diharapkan dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari berbagai pengaruh, utamanya di era globalisasi.

Dilanjutkan dengan materi narkotika, narasumber memaparkan definisi narkotika, penyebab penyalahgunaan narkotika, efek samping penyalahgunaan narkotika, ciri ciri pengguna narkotika diantara malas, apatis, emosional, berat badan turun drastis, mata cekung, dan lain sebagainya. Pada penjelasan ini juga dipaparkan gambar jenis-jenis NAPZA, serta cara menghindari penyalahgunaan narkotika. Kegiatan disambut antusias para peserta karena adanya lempar jawab pertanyaan yang menarik serta adanya doorprize.

“ Setelah dilaksanakan kegiatan sosialisasi kami narasumber berharap para peserta bisa menerapkan apa yang telah disampaikan serta memberikan edukasi terkait narkotika kepada teman sebayanya “ ujar Ketua DUPAN Kebumen Kak Abi Subkhan Kurnia ketika ditemui di ruang kesiswaan SMK Negeri 1 Kebumen. “Jadi siswa SMK Negeri 1 Kebumen harus tetap semangat, tanamkan nilai spiritual, dan jauhi pergaulan  negatif khususnya yang mengarah ke penyalahgunaan narkotika” tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan uji publik tata tertib SMK negeri 1 Kebumen oleh Waka kesiswaan SMK Negeri 2 Kebumen Bapak S. Mustakim, M. Pd. Adanya uji publik tata tertib ini diharapkan siswa mengetahui struktur dari peraturan yang diterapkan sehingga dapat memberi saran atau kritik.

46 views

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *