PERINGATI HARI KARTINI SMK N 1 KEBUMEN GELAR BERBAGAI PERLOMBAAN

KEBUMEN – SMK N 1 Kebumen gelar kegiatan Kartini’s Day tahun 2022 dengan mengusung tema “Ngabdi Maring Negri Berdikari dening Pangastuti Kartini”. Pada Kamis (21/04/2022) merupakan acara puncak Kartini’s Day yang bertempat di Tribun SMK Negeri 1 Kebumen.

Sebelum acara puncak, ada beberapa lomba yang telah dilaksanakan, diantaranya yaitu lomba Cipta dan Baca Puisi, Story Of Kartini, Kreasi Modelling Batik, dan Kartini Kartono. Tujuan diadakannya lomba Cipta dan Baca Puisi adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa/siswi di bidang sastra. Inilah ajang pembuktian bahwa siswa/siswi SMKN 1 KEBUMEN merupakan pemuda milenial masa kini masih banyak yang peduli dan memiliki potensi dalam karya sastra khususnya dalam hal mencipta dan membaca puisi.

Lomba Story Of Kartini (Vidgram) ditujukan sebagai wujud refleksi bagi siswa/siswi untuk semakin meneladani sosok pahlawan yang sangat menginspirasi yang telah memperjuangkan  emansipasi perempuan  dalam berkehidupan seperti R.A Kartini, lomba tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan daya kreativitas di tengah dunia digitalisasi sehingga mampu memanfaatkan media sosial dan menunjukkan kekreativitasannya dalam bermedia sosial.

Lomba Kreasi Modelling Batik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan eksistensi batik dengan mengasah kreativitas dan inovasi siswa/siswi dalam membuat design kreasi busana batik. Dan Lomba Kartini Kartono diselenggarakan oleh SMKN 1 Kebumen supaya siswa siswi SMK N 1 kebumen dapat lebih memahami makna dari peringatan kartini. Lomba Kartini kartono ini dilaksanakan guna menjadikan siswa siswi SMK N 1 kebumen sebagai generasi millennial yang cerdas, berkarakter dan berwawasan global.

Pada acara puncaknya, kegiatan dihadiri oleh Kepala  SMK Negeri 1 Kebumen Bapak Drs. Prayitno, Waka Kesiswaan, Pembina OSIS, Pemateri, Dewan Juri, serta perwakilan siswa siswi SMK Negeri 1 Kebumen.

Kegiatan di mulai dengan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan Prakata Ketua Panitia Kartini’s Day dan dilanjutkan dengan sambutan Bapak Drs. Prayitno selaku Kepala  SMK Negeri 1 Kebumen. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan tentang sosok Kartini Muda penerus Bangsa kedepannya.  Setelah beliau menyampaikan sambutannya. Kegiatan berlanjut dengan pemberian materi bertemakan “Emansipasi Wanita” yang dibawakan oleh Ibu Sri Sumarni S.Pd, dalam materi yang disampaikan tersebut, di dalamnya mengandung sejarah Emansipasi Wanita yang digagas R.A Kartini telah mengubah wajah Indonesia menjadi negara maju, “Kita Bisa, Bukan Bisanya Kita”-ujarnya. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa seorang wanita bisa meraih cita cita yang tinggi, tetapi juga harus menghormati kaum pria.

kegiatan juga diisi dengan penampilan para pemenang lomba serta dilaksanakan pula babak final kartini kartono SMK Negeri 1 Kebumen. Tidak hanya itu, dalam kegiatan Kartini’s Day juga diadakan banyak doorpize untuk siswa siswi SMK Negeri 1 Kebumen. Di ujung acara, ada pemberian hadiah kepada para pemenang Lomba Kartini’s Day (Lomba Cipta dan Baca Puisi, Story Of Kartini, Kreasi Modeling Batik, dan Kartini Kartono). Setelah selesai penyerahan hadiah, dilanjutkan dengan sesi foto bersama para pemenang lomba dengan Bapak Kepala Sekolah dan Waka Kesiswaan SMK Negeri 1 Kebumen.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *