SMK Negeri 1 Kebumen Mewisuda 494 Siswa secara Luring

KEBUMEN – SMK N 1 Kebumen menggelar wisuda pelepasan siswa siswi kelas XII tahun 2022 sekaligus penyerahan kembali kepada orangtua/wali siswa pada Senin (06/06/2022). Wisuda yang mengusung tema “Kembangkan Ilmu, Ciptakan Aksi Baru, Jadilah Generasi Maju” terlaksana secara luring di indoor utama SMK Negeri 1 Kebumen. Wisuda yang terselenggara pertama pascapandemi Covid-19 turut dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd., MM beserta  Pengawas SMK Dinas Pendidikan Wilayah IX, Bapak Wiji Sasongko, M.Pd.. Selain itu, segenap jajaran komite SMKN 1 Kebumen beserta beberapa pejabat setempat, guru, karyawan, dan tamu undangan turut menyaksikan gelaran wisuda.

Acara dimeriahkan dengan beberapa acara hiburan persembahan dari siswa Kelas X, XI dan XII. Sebanyak 494 siswa-siswi kelas XII dari lima program keahlian, diantaranya AKL, OTP, BDP,MM, dan RPL mengikuti wisuda purna siswa. Dalam kesempatan tersebut juga pihak sekolah memberikan apresiasi kepada siswa-siswi berprestasi meraih nilai tertinggi secara pararel.. Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut, para siswa yang berprestasi juga diberi berbagai macam penghargaan, mulai dari bidang akademik maupun nonakademik. Pak Mustakim, S.Pd. mengungkapkan hal yang membedakan pemberian penghargaan dengan tahun sebelumnya yakni bagi lulusan yang sudah menekuni dunia usaha secara mandiri dan konsisten. “Penghargaan untuk penggiat usaha oleh siswa guna meningkatkan motivasi dalam diri para pemenang untuk terus mengembangkan usahanya. Tentu saja hal tersebut selaras dengan branding SMK Negeri 1 Kebumen yaitu sebagai sekolah pencetak wirausaha,”tandasnya di sela-sela acara wisuda.

Kekhidmatan proses wisuda membaur dengan rasa penuh haru saat dibacakan pidato kesan pesan dari Ni’matul Jamilah sebagai perwakilan kelas XII. Ia menyampaikan sangat bangga dan bersyukurnya atas anugerah yang didapat selama tiga tahun menimba ilmu dan menjadi bagian dari SMK Negeri 1 Kebumen. “Walaupun hanya 1 tahun kami merasakan sekolah offline, 2 tahun daring, kami kelas XII tetap sangat berterima kasih kepada Bapak/Ibu Guru yang sudah mengajar kami selama 3 tahun. Kami juga meminta maaf atas segala kesalahan yang telah kami perbuat. Semoga lulusnya kami dari sini, kami dapat menggapai cita cita yang kami inginkan” tuturnya.

Dilanjutkan petuah semangat dari Bu Umi Rokhayatun, S.Pd.,M.Si,Ak,CA. dalam sambutannya kepada para wisudawan wisudawati bahwasannya setelah lulus agar tetap mengeksplor keahlian yang dimiliki, senantiasa berusaha keras, dan tidak lupa meminta doa restu terhadap kedua orang tua. “Kepakkan tangan sayapmu dan terbanglah setinggi yang kau mampu. Lihatlah cakrawala yang terbentang luas, maksimalkan potensi dirimu demi keluarga, bangsa, dan negara,” pekiknya dengan lantang. Di akhir sambutannya, Bu Umi mendoakan agar segala cita cita wisudawan wisudawati dapat terwujud.

Ketua Komite SMK Negeri 1 Kebumen, Bapak Suhartono S.H juga tak luput menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak, Ibu guru serta meminta restu agar wisudawan wisudawati bisa langsung terjun ke dunia kerja. Sambutan terakhir oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Bu Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd.,M.M. yang mengingatkan wisudawan wisudawati untuk menjadi  generasi yang hebat. “Untuk mencapai generasi hebat diperlukan 4 karakter, pertama hebat sebagai hamba Allah karena manusia yang paling tinggi keimanannya adalah manusia yang paling baik akhlaknya, kedua senantiasa hormat kepada kedua orang tua karena akan dimudahkan jalan. Ketiga hebat sebagai warga masyarakat yang artinya kita bisa membaur dengan masyarakat, tetapi tidak melebur sehingga kita bisa terhindar dari dampak negative. Untuk yang keeempat mengabdi kepada negara maka harus memiliki bekal yang kuat baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat, senantiasa amanah, jujur, memiliki fisik yang kuat,” pesannya yang sangat bermakna bagi semua para wisudawan dan wisudawati.

56 views

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *