Proyek Pembelajaran Dituangkan dalam Pagelaran

Siswa SMKN 1 Kebumen tampak piawai menuangkan karya seni dan budaya dari hasil rangkaian proyek pembelajaran. Hasil karya tersebut ditampilkan dalam sebuah pagelaran untuk mengisi waktu menjelang kenaikan kelas.
Wakil Kepala Bagian Kurikulum SMKN 1 Kebumen, Bu Muryati, S.Pd. mengatakan, selama empat hari mulai 30 Mei-3 Juli 2022 para siswa diberi keleluasaan untuk menampilkan minat dan bakat. Mereka juga dituntut untuk menentukan konsep hingga mengakomodir berjalannya kegiatan. “Termasuk bagian merdeka belajar. Siswa kelas X dan XI yang tampil sekarang bisa punya sebuah proyek pembelajaran,”katanya.
Lebih lanjut, dalam kegiatan itu guru sifatnya hanya mendampingi dan mengarahkan agar bisa berjalan optimal. Selebihnya seluruh aspek kegiatan dikelola siswa dengan pendampingan guru seni budaya, guru PKK dan guru kejuruan,” tuturnya.
Pada pagelaran itu, kata Bu Muryati, dimeriahkan oleh penampilan teater disertai tarian khas daerah. Mereka adalah siswa kelas X kelas X program keahlian Akuntansi dan Lembaga Keuangan (AKL), Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran (OTKP), Pemasaran, Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), Desain Komunikasi Visual (DKV). “Cukup banyak menyita atensi pengunjung karena ada penampilan seni Ande-ande Lumut, Asal-usul Irian Jaya, Batu Betangkup dan lain sebagainya, sebutnya.
Sementara untuk kelas XI semua jurusan unjuk pameran mata pelajaran kejuruan serta Prakarya dan Kewirausahaan (PKK) hasil proyek selama pembelajaran. Event organizer oleh siswa kelas XI OTKP. Sementara pameran karya khusus dari kelas XI jurusan DKV berupa pameran fotografi sekaligus stan photobox, untuk jurusan PPLG memamerkan rekayasa teknologi, siswa jurusan BDP dan akutansi melaksanakan bazar.
Menurutnya, mengasah bakat siswa dengan minat yang mereka senangi itu merupakan opsi yang bagus untuk dikembangkan. Tentunya, dengan dukungan dan samangat yang besar.
Dengan adanya acara ini, diharapkan siswa dapat lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki dan dapat belajar untuk menjadi seorang wirausahawan lewat proyek Prakarya dan Kewirausahaan, pungkas Bu Muryati.

27 views

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *