SMENZA EXPO 2023 : Tepis Kegalauan dalam Memilih Kuliah, Kerja, atau Berwirausaha

SMKN 1 Kebumen mempunyai salah satu program menarik dalam menyiapkan lulusan siap berwirausaha, bekerja, atau melanjutkan di perguruan tinggi. Bertajuk SMENZA EXPO 2023 yang digagas oleh Perhimpunan Mahasiswa Alumni SMKN 1 Kebumen, siswa SMKN 1 Kebumen dikenalkan dan dimotivasi tentang dunia perkuliahan, kerja, maupun berwirausaha. Kegiatan tersebut mengusung  tema “Face Your Future, Improve Yourself With More Knowledge” yang bertempat di Indoor Utama SMKN 1 Kebumen. Acara yang digelar selama dua hari dari Jumat (20/1) sampai Sabtu (21/1) ini diikuti oleh kelas X, XI, dan XII dengan tujuan untuk membuka pandangan dan mengarahkan siswa dalam menentukan pilihan mereka setelah lulus nanti entah itu akan berkuliah, bekerja, atau berwirausaha.

Acara pada Jumat (20/1) diisi Talkshow Career Expo. Talkshow ini menghadirkan pembicara Bapak Dwi Santoso, Ph.D (Senior Lecturer in Linguistics) dan Noorman Arta Wicaksono, S.Kom (Product Lead-Loyality & Promotions PT MITRA DIGITAL SUKSES (YOUTAP.ID)).

Sesi pertama yang dibawakan oleh Pak Dwi membahas tentang karir dan pentingnya kuliah. Dalam pembahasannya, Pak Dwi, yang merupakan alumnus SMKN 1 Kebumen mengatakan bahwa kuliah itu penting karena kuliah bisa membuka mindset untuk menjadi seseorang yang open mindset. “Miskin adalah modal bagi saya,” tandasnya. Hal itu mendorong Pak Dwi untuk bekerja ketika kuliah yakni membuka kursus bahasa Inggris yang diikuti oleh teman-temannya.

Inti pada talkshow sesi pertama yakni kuliah itu penting karena dapat membuka mindset dan tak kalah pentingnya adalah bahasa dan mengetahu passion pada diri. “Kita harus memiliki mimpi yang besar,” pekiknya di akhir pembahasan.

Dilanjutkan talkshow sesi kedua yang diisi oleh salah satu alumnus terbaik SMKN 1 Kebumen, Noorman Arta Wicaksono, S.Kom. Talkshow sesi kedua ini membahas tentang tips and trik mengenai belajar dan bagaimana cara untuk menceritakan apa yang ingin disampaikan. “Mengenali diri bagian dari seni”, ucap Kak Noorman

Noorman juga menambahkan bahwa cara untuk mengenali diri adalah tanya kepada diri kita sendiri tentang apa yang sebenarnya diinginkan. “Cara yang kedua dalam mengenali diri yakni bisa konseling dengan guru BK atau psikolog dan yang ketiga dengan memvalidasi orang lain bahwa pernyataan kita benar,” ucapnya.

Tidak hanya talkshow, di hari pertama Expo 2023 juga diramaikan Mini Expo. Dalam Mini Expo ini SMKN 1 Kebumen menggandeng Rumah UKM Kebumen dengan memamerkan berbagai macam produk.

Pada hari kedua Sabtu (21/1) terdapat Campus & Career Expo. Career Expo dihadiri oleh perusahaan ternama di seluruh Indonesia, yaitu Bank Syariah Indonesia, BTPN Syariah, PT PNM Persero, PT Solaria, LPK X JAPAN, PT Karyatama, PT Ungaran Sari Garment, CV Karya Jaya Indo.

Sementara rangkaian campus expo diawali dengan adanya parade kampus dari 27 perguruan tinggi negeri maupun swasta, diantaranya Universitas Jember, Politeknik Negeri Cilacap, Universitas Indonesia, Universitas Tidar, Universitas Teknologi Digital Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Terbuka, Politeknik Piksi Ganesha Indonesia, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo, Universitas Putra Bangsa, UMNU Kebumen, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, IAINU Kebumen, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Gombong, Universitas Telkom, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Jenderal Soedirman, ISI Surakarta, Universitas Diponegoro, UPN VETERAN Yogyakarta, AMIK PGRI Kebumen, Universitas AKI (UNAKI), Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan bincang santai bersama ormada dan penampilan spesial dari panitia serta perwakilan mahasiswa disetiap universitas. Selain itu, para siswa bisa mengunjungi langsung ke stand-stand kampus dan wirausaha yang tersedia untuk bertanya lebih dalam tentang universitas dan wirausaha yang diminati.

“Acaranya keren banget, salah satu solusi mengurangi kegalauan dalam memilih kuliah, kerja, atau berwirausaha,” ungkap Indri salah satu peserta Smenza Expo 2023. (UP/DE*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *