Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kebekerjaan, Siswa SMKN 1 Kebumen Mengenal Diri dan Berkomunikasi Efektif

KEBUMEN – Selama sepekan sejak Senin (27/2) sampai Jumat (3/3) peserta didik kelas X dan XI SMKN 1 Kebumen sibuk dengan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 kali ini bertemakan Kebekerjaan dan subtema antara kelas X dan XI memiliki berbeda. Subtema untuk peserta didik kelas X adalah mengenal diri, sedangkan subtema untuk kelas XI adalah berkomunikasi efektif. Profil Pancasila yang diharapkan dalam tema Kebekerjaan ini adalah sikap mandiri dan bernalar kritis.

Kegiatan P5 dilaksanakan oleh guru Fasilator sebanyak 28 guru  dan seluruh peserta didik kelas Fase E (kelas X) dan F (kelas XI) sebanyak 1000 siswa. P5 yang terselenggara selama sepekan ini diisi dengan beragam projek yang saling berkaitan dan sistematis. Untuk projek kelas X dengan subtema mengenal diri dimulai dengan Talkshow dari alumni masing-masing jurusan, pembuatan river of life yang kemudian dipresentasikan, membuat video perjalanan hidup atau river of life, terakhir sebagai puncaknya adalah pengenalan lewat training talents mapping.

Sementara, projek kelas XI dengan subtema komunikasi efektif diawali dengan pemaparan materi komunikasi efektif, dilanjutkan projek pembuatan naskah drama, kemudian naskah tersebut ditampilkan sebagai bentuk aplikasi komunikasi efektif.

                      Puncak P5 tema kebekerjaan dengan subtema pengenalan diri bagi peserta didik kelas X menghadirkan pembicara dari professional talents mapping, Bu Maulina Nugraheni, S.Kep. Ns.. Dalam training tersebut peserta didik dikenalkan konsep karir yang benar, cara memilih karir jurusan dan pekerjaan, serta mengetahui bakat dan potensi.

            “Ketika kamu ingin masuk kuliah hal yang kalian lakukan pertama adalah bukan memilih jurusan dulu, tapi pekerjaan apa yang kelak kalian pilih dan jalani. Selain itu, cari pekerjaan yang membuatmu senang bukan menyiksa,” papar Bu Maulina Nugraheni, S.Kep.Ns. dalam prolog training talents mapping.

            Di akhir training tallents mapping peserta didik yang berjumlah sekitar 1000 orang diarahkan menemukan potensi lewat www.temubakat.com yang hasilnya berupa 30 Strength Typology (ST-30).

“Adanya talents mapping tujuannya peserta didik kelas X mengenal diri dan memetakan potensi apa yang dimiliki agar kelak tidak salah mengambil profesi atau jurusan saat kuliah. Sebelumnya, peserta didik sudah menceritakan perjalanan hidup sampai harapan mereka kelak setelah lulus SMK lewat river of life,” ungkap Bu Muryati, M.M.,Wakil Kepala bagian Kurikulum.             Di sisi lain, puncak kegiatan P5 kelas XI yakni siswa mengadakan pementasan drama di kelas masing-masing dengan tema kebekerjaan. Hal ini dilakukan sebagai aplikasi praktik komunikasi efektif

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *