SMKN 1 Kebumen Sukses Adakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Kebumen – SMKN 1 Kebumen mengadakan Masa Pengenalanan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari berturut-turut, yaitu pada Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat (17-21/07). MPLS ini diikuti oleh seluruh peserta didik baru kelas X.

Tujuan diadakan kegiatan MPLS adalah untuk mengenalkan pada peserta didik tentang lingkungan sekolah, kegiatan sekolah, tata tertib sekolah, mengenalkan para guru dan staff tata usaha di SMKN 1 Kebumen, peran Wakil Kepala Sekolah (WKS), dan organisasi di sekolah.

“Kegiatan MPLS diadakan supaya peserta didik baru mengenal lingkungan SMKN 1 Kebumen serta mempersiapkan peserta didik belajar di sini,” ungkap Wakil Kepala bagian Kesiswaan, S. Mustakim, M.Pd.

Kegiatan MPLS hari pertama dimulai dengan upacara pembukaan dan penyematan selempang pada perwakilan peserta oleh Kepala SMKN 1 Kebumen, Drs. Haryoko, M.M. Setelah itu, perkenalan satu persatu para guru dan staff tata usaha SMKN 1 Kebumen. Kegiatan selanjutnya peserta didik diberi materi tentang hak dan kewajiban siswa.

Kegiatan hari kedua dan ketiga MPLS SMKN 1 Kebumen selalu dimulai dengan apel pagi, dilanjutkan dengan pemaparan Gerakan Anti Narkoba oleh Duta Anti Narkoba serta materi tentang kesehatan oleh Puskesmas Kebumen 3. Kegiatan berlanjut dengan peserta MPLS dikenalkan dengan program studi yang ada di SMKN 1 Kebumen. Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan berbagai ekstrakurikuler lewat penampilan khas dari setiap ekstrakurikuler.

Sementara di hari terakhir MPLS yakni pada Jumat (21/7) peserta didik diajak jalan sehat di luar lingkungan SMKN 1 Kebumen. Hal ini bertujuan menyehatkan badan sekaligus mengenal lingkungan di luar SMKN 1 Kebumen. Siang harinya, peserta didik diajak panitia bermain game bertema team building agar antarpeserta didik belajar solidaritas dan bekerja sama.

Salah satu panitia kegiatan MPLS berharap peserta didik baru kelas X lebih mengenal tentang SMKN 1 Kebumen dan dapat lebih nyaman saat menuntut ilmu.

“Saya berharap agar adik-adik kelas X dapat lebih mengenal tentang SMKN 1 Kebumen, dapat mengadopsi hal baik dari guru-guru dan kakak kelas yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa lebih nyaman dan menikmati saat menuntut ilmu di SMKN1 Kebumen,” ungkap salah satu panitia kegiatan MPLS, Indri Prihatina Sari. Selain itu, S. Mustakim, M.M. juga memberikan harapan, “Kami berharap peserta didik baru semakin termotivasi untuk belajar dan meraih prestasi, menjadi anak yang tangguh agar kelak dapat menjadi alumni yang sukses,” tandasnya

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *