Peringatan Hari Guru Nasional 2023, SMKN 1 Kebumen Haru Biru

Kebumen – Pada Senin, (27/11) SMKN 1 Kebumen melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang ke-78. Upacara ini dilaksanakan di lapangan SMKN 1 Kebumen dan diikuti oleh seluruh civitas akademika SMKN 1 Kebumen.

Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Peringatan tahun ini agak berbeda dengan upacara bendera yang rutin diadakan karena setelah upacara para peserta didik akan melanjutkan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS).

Pengibaran bendera merah putih berjalan lancar dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tak lupa juga tim paduan suara SMKN 1 Kebumen serta para siswa, serempak menyanyikan lagu Hymne Guru.

Suasana yang tenang dan cuaca yang teduh mendukung suasana yang haru biru seraya mendengar lagu Hymne Guru.

Dalam pidato Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim yang dibacakan oleh Bapak Haryoko, M.M., Kepala SMKN 1 Kebumen menyampaikan bahwa kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam. Akan tetapi, juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

Setelah pembacaan doa oleh petugas upacara, tim paduan suara beserta para siswa bersama-sama menyanyikan lagu Terima Kasihku yang ditujukan kepada para guru dan tenaga pendidikan yang tulus mendidik dan menanamkan karakter baik kepada peserta didik.

Tidak hanya itu, seusai upacara Hari Guru Nasional di SMKN 1 Kebumen diumumkan pula nominasi-nominasi untuk Bapak/Ibu guru yaitu diantaranya The Best Theacher, Friendliest Teacher, dan The Most Influential Teacher. Nominasi tersebut berdasarkan polling yang disebar kepada peserta didik SMKN 1 Kebumen.

Setelah itu, beberapa kelas mengadakan momen spesial dengan memberikan hadiah kepada guru dan wali kelas mereka masing-masing. Hadiah ini dianggap sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras para guru dalam membimbing dan memberikan ilmu kepada siswa. Buket bunga juga diberikan kepada guru favorit dan tercinta sebagai ungkapan terima kasih dari para peserta upacara. Suasana harupun tercipta pada saat para siswa siswi memberikan buket kepada bapak ibu guru.

Dengan begitu, peringatan Hari Guru Nasional di SMKN 1 Kebumen tidak hanya menjadi seremoni formal semata, tetapi juga menjadi wadah untuk menyatakan rasa terima kasih, menguatkan ikatan antar siswa dan guru, serta memupuk semangat kebersamaan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik.

”Bapak ibu guru adalah sumber inspirasi yang tak pernah kering. Engkau tidak hanya mengajarkan kami semua apa yang baik dalam hidup, tapi engkau juga menginspirasi kami semua untuk berbuat baik dalam kehidupan.” ungkap Lasminah dan Indri selaku moderator.

Selamat Hari Guru, terima kasih atas kreativitas dan semangat yang bapak ibu guru tanamkan dalam diri kami. (Nanda.red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *