SMKN 1 KEBUMEN TERAPKAN EVOTING  DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS

Kebumen – SMKN 1 Kebumen pada Senin (11/9) kembali memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS. E-voting, nama teknologi yang digunakan dalam proses pemilihan. Pemilihan secara e-voting ini merupakan puncak dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi.

Pelaksanaan P5 dengan tema Suara Demokrasi ini diperuntukkan bagi kelas X saja. Namun, puncak demokrasi dengan e-voting dilaksanakan oleh semua civitas akademika SMKN 1 Kebumen.

Setelah upacara, diawali oleh Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru serta karyawan SMKN 1 Kebumen datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Selanjutnya peserta didik diberi kesempatan untuk memilih. Suasana kegiatan ini mirip dengan pemilihan umum (pemilu). Bedanya, tidak ada surat suara ataupun kertas yang perlu dicoblos. Semua proses pemilihan dilakukan secara digital. Dalam bilik suara bukan berisikan bantalan untuk mencoblos, melainkan komputer / laptop untuk memilih satu ketua OSIS dan wakil ketua OSIS. Proses pemilihan akan berjalan cukup singkat. Karena hanya butuh waktu sekitar kurang dari dua menit pada tiap pemilih di dalam bilik untuk menentukan pilihannya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, S. Mustakim, M.Pd. menjelaskan, “Pemilihan ketua OSIS secara e-voting sudah beberapa kali dilakukan. Hal ini sebagai bentuk implementasi kompetensi siswa, di SMKN 1 Kebumen khususnya jurusan TI yakni PPLG dan DKV. Agar tidak terjadi kesalahan saat pemilihan, panitia pemilihan ketua dan wakil OSIS masa bakti 2023/2024 telah melakukan riset dan membuat aplikasi pemilihannya sendiri. Sebelum diterapkan, aplikasi itu sebelumnya telah diuji cobakan,” ungkapnya.

Hasil pemilihan dengan e-voting, baik pemilih maupun kandidat dapat langsung mengetahui hasilnya dengan layar yang ditampilkan alias quick count.

Sebelum kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS secara e-voting, peserta didik SMKN 1 Kebumen selama sepekan menjalani implementasi P5 bertema Suara Demokrasi.

Hari pertama pada Senin, (4/9) adalah hari pengenalan tentang P5 dan suara demokrasi oleh fasilitator. “Di hari-hari selanjutnya peserta didik kelas X semua kejuruan membuat proyek yang beraneka ragam dan tentunya bertemakan suara demokrasi. Proyek tersebut di antaranya adalah membuat kuisioner survey secara online tentang demokrasi dan pemilihan caksis, cawaksis. Selanjutnya, kuisioner tersebut diolah menjadi data yang dipresentasikan di hari kemudian. Setelah peserta didik membuat kuisioner, mereka diajak berkreasi untuk mengampanyekan kegaiatan demokrasi yang sehat, adil, dan transparan lewat pembuatan poster,” papar Pak S.Mustakim, M.Pd., Koordinator P5 Suara Demokrasi.

Di sisi lain, Pak S.Mustakim mengungkapkan juga bahwa di hari seusai membuat poster, yakni pada Rabu, (6/9) peserta didik diajak belajar kritis, kreatif melalui pembelajaran menjadi jurnalis yakni membuat reportase lewat video maupun tulisan tentang pemilihan ketua OSIS SMKN 1 Kebumen.

“Dari semua kegiatan selama sepekan tersebut beberapa profil pelajar Pancasila diterapkan yakni gotong royong, bernalar kritis, mandiri, kreatif. Peserta didik ternyata luar biasa, mampu melakukan kegiatan P5 di luar bayangan kami sebagai fasilitator. Mereka dapat membuat kuisioner dengan google form, mengolahnya menjadi diagram, lalu membuat poster sebagai kampanye Pemilu yang sehat,” terang Pak M. Mustakim di sela memandu peserta didik menyiapkan puncak pesta demokrasi.  

Hari kelima pada Jumat (8/9) merupakan puncak kegiatan kampanye paslon. Hal tersebut menjadi momen penting bagi calon ketua dan wakil ketua OSIS menyampaikan orasi visi dan misi. Kampanye calon ketua tersebut langsung dipandu oleh ketua Komisi Pemilihan OSIS. Adu visi, misi disertai dengan yel-yel, slogan, maupun adu jawaban berkualitas pun terjadi antarcalon.

Hari Senin, 11 September 2023 adalah puncak dari perhelatan akbar Pilkosis, yaitu pemungutan suara, seluruh warga sekolah, termasuk didalamnya 503 siswa kelas XI yang sedang menjalani PKL menyalurkan   hak pilihnya secara on line baik melalui web site maupun HP dari lokasi PKL, tanpa harus dating langsung ke sekolah Beradasaran hasil pemungutan suara Paslon no 4 Siti Khomsiatan dan Uda Rufaedah tampil sebagai pemenang dengan mengantongi 749 suara atau 56% dari total suara yang masuk, disusul Paslon 1 229, Paslon 2 183 dan Paslon 3 159 suara untuk selanjutnya Paslon terpilih dan Pengurus OSIS masa Bhakti 2023/2024 akan mengikuti upacara pelantikan dan Sertijab pada harui senin, 18 September 2023.

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “SMKN 1 KEBUMEN TERAPKAN EVOTING  DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *