Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis atau biasa disingkat MPLB, dulu bernama Administrasi Perkantoran atau AP merupakan salah satu cabang bidang keahlian Bisnis dan Manajemen mempelajari tentang Pengetikan naskah atau dokumen, Penanganan telepon, Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen, Penataan dan pengelolaan arsip, Penanganan perjalanan bisnis, Penanganan dana kas kecil, Penyiapan pertemuan atau rapat, Penanganan aplikasi, dan Penanganan informasi melalui internet.

TUJUAN

  1. Terlaksananya KBM yang kondusif di program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat / dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  4. Terwujudnya hubungan kerjasama yang selaras dan setara dengan DUDI, termasuk dalam hal penyerapan lulusan dalam bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
  5. Terpenuhinya sarana dan prasarana program keahlian sesuai dengan kebutuhan

PELUANG KERJA

Beberapa pekerjaan yang sesuai untuk Lulusan dari Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis antara lain :

  • Sekretaris Junior
  • Petugas Administrasi
  • Petugas Kearsipan
  • Petugas Perpustakaan
  • Resepsionis / Front Office
  • Operator Telepon
  • Juru Ketik
  • Personalia / HRD
  • dll

PELUANG KULIAH

Beberapa jurusan kuliah yang sesuai untuk Lulusan dari Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis antara lain :

  • Pendidikan Administrasi Perkantoran
  • Administrasi Perkantoran
  • Pendidikan Administrasi
  • Ilmu Komputer/Sistem Informasi
  • Ilmu Sosial / Politik
    Manajemen
  • Ilmu Komunikasi
  • Pendidikan Ekonomi
  • dll