Peringati Maulid Nabi 1443, Siswa Beradu Tiktok Edukasi Islami

KEBUMEN – SMK N 1 Kebumen mengadakan kegiatan Peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 Hijriah, pada Kamis (20/10) dengan tema ‘’Jalin Ukhwah Islamiyah di Era Milenial untuk Masa Depan yang Indah’’.

Sebelum puncak peringatan Maulid Nabi acara  diramaikan dengan berbagai lomba yang disesuaikan dengan tema era mileneal salah satunya adu karya tiktok edukasi Islami. Seperti yang disampaikan ketua panitia, bahwa dakwah Islam saat ini banyak yang memanfaatkan media video seperti tiktok. Hal ini dilaksanakan agar dakwah bisa dengan mudah sampai pada generasi milenial.  Alasan memilh tiktok menurutnya karena tiktok videonya singkat dan menarik. Selain beradu video acara juga dimeriahkan dengan lomba kaligrafi, lomba MTQ, lomba dai dan daiyah, serta Kajian Maulid Nabi.

Meski masih dalam suasana pandemi kajian peringatan Maulid Nabi tetap terlaksana yang diikuti oleh seluruh civitas akademika secara luring dan daring melalui zoom meting dari rumah masing-masing.

Kepala SMKN 1 Kebumen, Drs. Prayitno dalam sambutannya di acara inti menyampaikan tentang keteladanan Rasulullah SAW yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, siswa diminta untuk belajar ilmu agama pada guru agar terhindar dari aliran yang menyesatkan.

Acara inti dalam kegiatan ini, diisi oleh Guru Agama Islam SMKN 1 KebumenFitri Mas’adi. Dalam kajiannya, ia menyampaikan tentang bagaimana cara meneladani Rasulullah yakni dengan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah.

Fitri Mas’adi membawakan tausiyah tentang keistiqomahan dalam menghidupkan sunnah-sunnah Nabi, di antaranya solat Dhuha. Ia menyampaikan bahwa meski solat dhuha dilaksakan dengan dua rakaat asal rutin itu lebih baik daripada banyak tapi tidak istiqomah.

Acara Peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW diakhiri dengan penyampaian pemenang lomba. Terpilih sebagai juara Tiktok Edukasi terbaik adalah karya  Fanesa Dwi Apriliya dari kelas XII MM2 sementara untuk Juara Pertama Dai Muslimah diraih oleh Anis Farikhatun Nasoh, Titawatil Qur’an oleh Cahyania Arifa dan KAligrafi oleh Velisa Agustina

123 views

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *