245 Peserta Ikuti KSA di SMKN 1 Kebumen: Tingkatkan Kerja Sama dan Kemandirian

Kebumen – Jumat (04/10), Pramuka SMKN 1 Kebumen sukses menyelenggarakan kegiatan tahunan Kasatria Scout Adventure (KSA) 2024/2025. Kegiatan ini diikuti oleh 245 peserta dengan tujuan mempererat kebersamaan, meningkatkan keterampilan kepramukaan, serta mengembangkan karakter dan kepemimpinan Pramuka muda. Berlangsung di lingkungan SMKN 1 Kebumen, acara ini mencakup berbagai kegiatan seperti wide game, Batambar, dan Estetik, yang dirancang untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan kerja sama tim.

Ekstrakurikuler Pramuka SMKN 1 Kebumen sukses menjadi ajang pembuktian diri bagi para Pramuka muda. Pada kesempatan kali ini, SMKN 1 Kebumen menggelar kegiatan KSA (Kasatria Scout Adventure) tahun ajaran 2024/2025 di lingkungan sekolah SMKN 1 Kebumen. Kegiatan yang rutin diadakan tiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan satu sama lain, menambah pengalaman baru, serta mengasah kemampuan kepramukaan masing-masing peserta.

Sebanyak 245 peserta ikut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan KSA ini. Kegiatan tersebut meliputi registrasi, upacara pembukaan, jateza, wide game, serta upacara penutupan. Upacara pembukaan diikuti oleh para peserta hingga segenap pembina Pramuka SMKN 1 Kebumen, dengan Ibu Nila Tri Hardiyani, S.Pd. sebagai pembina pada upacara kali ini.

Setelah upacara pembukaan selesai pada pukul 13.25 WIB, kegiatan pertama dimulai dengan “Say Hay”. Pada kesempatan yang luar biasa ini, peserta diberikan segulung kertas yang di dalamnya terdapat sebuah teka-teki. Kertas tersebut berisi arahan untuk setiap ambalan menuju tempat wide game. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan masing-masing peserta dalam meningkatkan pola pikir yang kritis serta melihat sejauh mana ambalan tersebut dapat memecahkan teka-teki yang ada.

Pada pukul 13.55 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan wide game. Wide game ini terdiri dari berbagai macam permainan seperti Batambar (Tebak Kata Bergambar) dan Estetik (Estafet Stik). Permainan ini diadakan sebagai bentuk pengembangan kerja sama tim, melatih kemampuan komunikasi, serta melatih kemampuan pemecahan masalah.

Antusiasme peserta sangat luar biasa, mereka menelusuri tiap tantangan dan permainan yang ada dengan semangat. Mereka tidak hanya mengasah keterampilan kepramukaan, tetapi juga mengembangkan karakter seperti kepemimpinan, disiplin, dan semangat pantang menyerah. Kegiatan ini menjadikan mereka tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. (Rista Amalia Bekti/Humas Pramuka.Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *